Home » , » Nasi T.O.

Nasi T.O.

Diposting Oleh Permata Dia on 14 March, 2013 | 05:40:00

Nasi T.O. atau Tutug Oncom merupakan salah satu olahan nasi yang sangat unik dan merupakan kesukaan adik saya. Nasi T.O. ini berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Barat tepatnya Tasikmalaya. Tutug oncom diambil dari bahasa Sunda yang berarti Oncom ditumbuk. Adakah sahabat yang sudah mencoba Nasi T.O. ini? Pembuatan nasi T.O. ini snagat sederhana tapi untuk masalah rasa sahabat pasti akan dibuat ketagihan oleh masakan tradisional yang satu ini.


Bahan :
  • 2 piring nasi hangat
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 papan oncom*, panggang dan tumbuk kasar 
  • Garam
  • Gula
Cara Membuat :
  1. Haluskan bawang merah, kencur, cabai rawit hingga halus lalu campurkan dengan oncom yang sudah di panggang dan ditumbuk sebelumnya hingga rata.
  2. Sangrai oncom tersebut hingga oncom menjadi lebih kering, aduk-aduklah terus agar oncom tidak sampai gosong lalu tambahkan garam dan gula - aduk rata, angkat.
  3. Campurkan oncom dengan nasi hangat, aduk-aduk dengan sedikit menekan-nekan seperti menumbuk tapi jangan terlalu halus cukup hingga nasi dan oncom tercampur saja.
  4. Nasi Tutug Oncom siap disajikan dengan tahu, tempe, sambal terasi dan lalapan.

Footnote :
* Oncom merupakan olahan kedelai yang difermentasi sama halnya dengan tempe, tapi proses pembuatan  oncom lebih lama dibandingkan tempe, karena kedelai di fermentasi hingga tumbuh spora yang nantinya membuat oncom berwarna oranye. 
Judul: Nasi T.O.
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Permata Dia
Anda sedang membaca artikel Nasi T.O.. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://karyakuringharatis.blogspot.com/2013/03/nasi-to.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Bersama : M Sofyan Daud KARYA KURING HARATIS Updated at : 05:40:00

0 comments:

Post a Comment

بسم الله الرحمن الرحيم

Persyaratan komentar Karya Kuring Haratis :

1. Tidak mengandung spam
2. Tidak mengandung SARA
3. Tidak mengandung pornografi

Segala macam bentuk komentar dengan fungsi promosi akan segera dihapus. Saya hanya menerima komentar yang sesuai dengan isi artikel saja.

Terimakasih atas komentar sahabat, kalau ada waktu saya akan segera membalas komentar anda.