Home » , » Sahabatku & Sahabat Alamku

Sahabatku & Sahabat Alamku

Diposting Oleh Permata Dia on 25 March, 2013 | 03:00:00

KANTONG BELANJA - Ini adalah sahabat yang selalu menemani saya kemana pun. Sejak tahun lalu saya melatih dan membiasakan diri saya untuk selalu membawa kantong belanja kemanapun saya pergi, karena saya ingin mengurangi penggunaan kantong plastik ataupun kantong kertas. Begitu banyak kampanye-kampanye mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik atau kantong kertas dan saya merasa bahwa sahabat-sahabat pastinya sudah tahu alasan dari kampanye ini dilakukan yaitu untuk melestarikan bumi kita - Go Green begitu tag line yang diusung oleh teman-teman kita para pecinta lingkungan. 

Saya pun ingin mencintai lingkungan saya dan saya pun ingin memperlihatkan bumi yang indah ini kepada anak cucu saya kelak, mempelihatkan betapa indahnya gunung, betapa sejuknya udara Bandung di pagi hari, betapa lembutnya kabut yang merayu di subuh hari, betapa indahnya alam ini. Saya bukan seorang naturis apalagi aktivis pecinta lingkungan, saya hanya orang yang selalu jatuh cinta pada alam ini. Salah satu bentuk kecintaan saya kepada lingkungan saya adalah dengan membawa kantong belanja kemana pun saya pergi. Mungkin ini hanya langkah kecil yang saya lakukan, tapi langkah kecil ini bisa diikuti oleh orang-orang terdekat saya seperti adik-adik saya pun sekarang sudah relatif lebih memilih untuk menggunakan kantong belanja dibandingkan kantong plastik.

Awalnya memang terasa sangat ribet harus membawa kantong belanja kemanapun dan sangat tidak praktis, tapi hal ini hanyalah sebuah kebiasaan - membuat kebiasaan bukanlah hal yang instan tapi merupakan perilaku yang harus dilakukan secara berulang. Pada bulan-bulan awal banyak yang saya alami misalnya orang-orang di pasar tradisional yang merasa heran dengan saya yang menyodorkan kantong belanja dan menolak untuk menggunakan kantong plastik kecuali untuk makanan basah seperti ayam, tahu, daging dan sebagainya. Bila ke pasar tradisional saya hanya mau menggunakan kantong plastik untuk bahan-bahan yang kecil saja seperti bawang, cabai, toge dan sebagainya. Sedangkan untuk sayur mayur yang berukuran cukup besar saya menolak untuk diplastikan seperti kentang, terong, bayam, kankung, sawi dan bahan-bahan kering lainnya. 
Langkah kecilpun akan menjadi loncatan besar bila kita konsisten.
Judul: Sahabatku & Sahabat Alamku
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Permata Dia
Anda sedang membaca artikel Sahabatku & Sahabat Alamku. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://karyakuringharatis.blogspot.com/2013/03/sahabatku-sahabat-alamku.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Bersama : M Sofyan Daud KARYA KURING HARATIS Updated at : 03:00:00

3 comments:

بسم الله الرحمن الرحيم

Persyaratan komentar Karya Kuring Haratis :

1. Tidak mengandung spam
2. Tidak mengandung SARA
3. Tidak mengandung pornografi

Segala macam bentuk komentar dengan fungsi promosi akan segera dihapus. Saya hanya menerima komentar yang sesuai dengan isi artikel saja.

Terimakasih atas komentar sahabat, kalau ada waktu saya akan segera membalas komentar anda.