Home » , » Kue Kamir

Kue Kamir

Diposting Oleh Permata Dia on 24 March, 2013 | 03:00:00

Nah nah,,, ini salah satu camilan yang masuk ke daftar favorit saya baru-baru ini -- Kue Kamir namanya. Salah satu sahabat saya memperkenalkan saya dengan kue yang satu ini ketika kami sedang dalam perjalanan ke Ciwidey. Akan tetapi ternyata, kue yang satu ini berasal bukan dari daerah Jawa Barat melainkan dari daerah Pemalang - Jawa Tengah. Kue kamir ini sangat cocok untuk sarapan pagi dan ditemani dengan teh atau kopi hangat. Yummm... Mumpung hari minggu bagaimana kalau kita coba untuk melakukan kitchen invation dan membuat kue enak yang satu ini? :)


Bahan :
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 2 butir Telur
  • 1 sdt Ragi Instan
  • 40 ons Gula pasir
  • 250 cc Air
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt Soda kue
  • 1/2 sdt Vanili bubuk
  • 1/2 ons Tape singkong atau peuyeum, buang seratnya 


Cara membuat :
  1.  Kocok telur kemudian masukkan gula pasir, soda kue, ragi instan, vanili bubuk dan tape singkong. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk sampai tercampur rata menggunakan tangan.
  2. Setelah adonan merata baru kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mendapatkan adonan kue kamir dengan ke kentalan yang pas. Jangan terlalu encer agar tidak luber dan jangan terlalu pekat agar tidak bantat
  3. Pukul pukul adonan agar udara yang terperangkap dapat keluar. Tutup adonan kamir dengan kain bersih lalu biarkan semalaman atau sekitar 10 jam.
  4.  Setelah 10 jam siapkan cetakan kue kamir olesi dengan margarin lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue kamir ke dalam cetakan.
  5. Panggang dengan api yang kecil, saat bagian bawah mengeras dan mengeluarkan gelembung balik kue kamir dengan spatula atau sendok.
  6. Agar kamir tebal adonan jangan ditekan namun biarkan saja sampai kue kamir matang dengan sendirinya. Angkat, Lakukan proses pemanggangan sampai adonan habis.
  7. Sajikan kue kamir selagi hangat pasti enak 


Judul: Kue Kamir
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Permata Dia
Anda sedang membaca artikel Kue Kamir. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://karyakuringharatis.blogspot.com/2013/03/kue-kamir.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Bersama : M Sofyan Daud KARYA KURING HARATIS Updated at : 03:00:00

5 comments:

  1. Wah!! ini blog masakan Indonesia..
    Yesss... boleh dicuba....
    kalau di lihat resepinya agak senang...lelaki pun boleh masak..hahahahaha
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hanif Idrus : Salam kenal juga untuk agan yang sudah bertandang ke blog kami. Di blog kami terdapat beragam jenis resep masakan Indonesia yang cukup sederhana - jadi InsyaAllah siapapun bisa memasaknya :) Selamat memasak dan melakukan kitchen invation :)

      Delete
  2. Salam singgah, cocok sama dorayaki, makanan doraemon gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @NJihe.am : Selamat datang :) terima kasih sudah singgah di sini. Bentuknya memang mirip dengan dorayaki tapi rasanya beda :D, karena kue kamir lebih berasa tape singkong -- sedangkan dorayaki lebih seperti pancake dengan isian kacang merah :) Tapi dua-duanya sama-sama enak kok :)

      Delete

بسم الله الرحمن الرحيم

Persyaratan komentar Karya Kuring Haratis :

1. Tidak mengandung spam
2. Tidak mengandung SARA
3. Tidak mengandung pornografi

Segala macam bentuk komentar dengan fungsi promosi akan segera dihapus. Saya hanya menerima komentar yang sesuai dengan isi artikel saja.

Terimakasih atas komentar sahabat, kalau ada waktu saya akan segera membalas komentar anda.